Rabu, 01 Juli 2009

MAU BERLIBUR........?


pembaca yang budiman,.....
memasuki bulan Juli ini adalah waktu yang tepat untuk berlibur, di mana anak2 kita telah selesai ujian kenaikan kelas, dan bagi yang di tingkat akhir telah mengetahui kelulusannya dan bersiap-siap ke kelas dan tingkat selanjutnya.
Jika pembaca ingin mengajak anak2 anda berlibur ada baiknya mengetahui beberapa tips berikut ini yang memang sudah menjadi pengalaman saya selama ini, antaranya:

1. Rencanakan terlebih dulu kapan akan memulai liburan dan berapa lama
2. Kemana tujuan akan berlibur setelah bermusyawarah dgn anak2
3. Persiapkan dana/keuangan anda sesuai dgn tema liburan
4. Lakukan perjalanan anda seefisien mungkin dgn tidak mengurangi kenikmatan berlibur

Sebelum anda memulai liburan, tentukan waktu keberangkatan dan berapa lama akan menghabiskan liburan sesuai dengan jadwal kerja anda. Karenanya jauh hari sebelumnya mintalah izin dari atasan anda untuk menyesuaikan waktu cuti anda dengan waktu anak2 liburan sekolah. Mintalah pendapat anak2 kemana mereka akan pergi berlibur, sesuai dengan kesepakatan bersama karena tujuannya adalah untuk menyenangkan mereka sembari memberikan pengertian bahwa dana/budget yang ada disesuaikan dengan liburan. Lakukan perjalanan liburan anda dengan seefisien mungkin, misalnya: jika anda berlibur ke daerah dingin(pegunungan) usahakan membawa pakaian sedikit mungkin, karena keringat tdk terlalu banyak. Sedangkan ke daerah panas atau pantai usahakan membawa pakaian yg praktis dan dari bahan katun sehingga mudah menyerap keringat. Anak2 lebih nyaman pergi berlibur mengenakan kaos dan celana panjang/pendek karena lebih praktis. Jika anda keluarga besar carilah penginapan seperti villa karena akan lebih hemat. Jika terpaksa harus menginap di hotel usahakan hotel yang menyediakan ekstra bed, sehingga beberapa anak bisa dikumpulkan dalam satu kamar. Jika waktu yang anda gunakan singkat dalam berlibur, beri pengertian kepada anak agar mereka selalu tepat waktu sehingga perjalanan dan tempat2 yang akan dikunjungi tetap dapat dilihat dengan waktu yang singkat. Semoga perjalanan anda menyenangkan. Selamat berlibur......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar